Hu Fei



Hu Fei merupakan salah satu tokoh protagonis utama dari serial novel Flying Fox of the Snowy Mountain karya Jin Yong (fox volant of snowy mountain dan other fox/young fox). Hu Fei mempunyai fisik seperti orang kasar, rambut tidak teratur / tidak rapi , dan saat di Fox Volant (saat dewasa) berewokan tak terurus, rambut seperti semak belukar, dan berwajah seram. Hu Fei selama hidup berkelana dengan pengasuhnya Ping A'si dan tidak memiliki rumah menetap, sehingga berpindah-pindah dari satu tempat  ke tempat lain. Selama kecil , belajar sendiri ilmu silat dari kitab ilmu keluarga Hu , buku kitab ini didalamnya gabungan ilmu silat tangan kosong dan ilmu golok yang total ada 200an halaman (minus 2 halaman karena terkoyak dicuri). Karena Ping A'si tidak memiliki ilmu silat, sehingga tidak bisa membantu memberikan ajaran kepada Hu Fei. Karena kecerdasan Hu Fei kecil dan kehebatan ilmu keluarga Hu itu sendiri, hasil yang didapatkan membuatnya menjadi petarung kuat disaat usia masih muda. Kemampuannya bertambah setelah bertemu dengan Miao Renfeng, yang memberikan dia tips ilmu keluarga Hu karena dia pernah mempelajarinya dari ayah Hu Fei, Hu Yidao, saat mereka bertarung dulu. Miao Renfeng sendiri dituding pembunuh ayahnya, sehingga salah satu tujuan Hu Fei adalah untuk mencari kebenaran akan hal itu. 

Hu Fei saat pertama kali berkelana didunia persilatan adalah saat masih kecil umur sekitar 13 tahun, bertemu berbagai ahli dunia persilatan saat berteduh di sebuah villa keluarga Shang. Dan ternyata tidak disangka keluarga Shang memiliki dendam terhadap keluarga Hu karena peristiwa masa lampau. Berbagai peristiwa terjadi selama dia dan kakak asuhnya (ping a'si) tinggal di villa keluarga Shang, Setelah berhasil lolos dari perangkap api di villa itu, dia bertemu dan mengangkat saudara angkat dengan Zhao Banshan, yang ternyata merupakan salah satu anggota perkumpulan bunga merah yang disegani dan anti pemerintahan Qing. Zhao Banshan juga ada mengajari Hu Fei teori ilmu tinju Taiji, yang cara pengajarannya mirip dengan Zhang Sanfeng ke Wuji di HSDS, yang sekilas membuat kita dejavu karena juga mengajari didepan umum.

Kelebihan Hu Fei di luar ilmu silat adalah dari cara pergaulannya, sebagai contoh banyak musuh atau lawan yang  bertarung dengan dia yang kemudian menjadi teman dan bahkan berbagi informasi ke dia ataupun membantunya. Banyak yang kemudian menganggumi kegagahan Hu Fei setelah berkenalan dengan dia. Kisah Cinta Hu Fei tidak berjalan terlalu mulus karena wanita yang dicintainya pertama kali yaitu Yuan Ziyi ternyata sejak awal adalah seorang biksuni yang selama ini membohongi dirinya dengan menutup identitas asli dan nama asli. Hu Fei selama perjalanan banyak dibantu oleh seorang perempuan bernama Cheng Lingsu, dia adalah seorang ahli racun yang mencintai Hu Fei, sayangnya karena cinta sepihak, Hu Fei yang merasa bersalah kemudian hanya menganggapnya sebagai adik angkat. Hu Fei mendapat pencerahan dari ilmu silat Golok keluarganya saat bertemu dengan Miao Renfeng, disaat itu Miao Renfeng tidak mengetahui bahwa orang yang didepannya adalah anak dari Hu Yidao. Nasib Hu Fei terakhir tidaklah jelas, karena saat terakhir terjadi pertarungan dia dengan Miao Renfeng, dan sebelum ada hasil akhir langsung tamat, memberikan tanda tanya cerita yang gantung. Hu Fei merasakan jatuh cinta pada pandangan pertama terhadap Miao Ruolan, usia mereka cukup terpaut jauh.

Hu Fei 
hokkien: Ou Hui / Ouw Hui

Umur :
kemunculan pertama saat bayi 1-3 hari (buku fox volant), kemudian 14 tahun (buku 1 young fox) atau 12-13 tahun (buku 2 young fox), kemudian loncat ke 18 tahun. Akhir young fox mungkin 19-20 tahun. di fox volant , berumur 27 tahun.

Orang tua:
Ayah: Hu Yidao
Ibu: tidak disebut namanya , cuma disebut nyonya Hu
Pengasuh : Ping A'si

Saudara angkat:
  • Cheng Lingsu
  • Zhao Banshan
Kisah asmara:
  • Miao Ruolan
  • Yuan Ziyi (bacanya yuan zeyi, bukan nama asli)
  • Cheng Lingsu 
Organisasi/partai : tidak ada

Senjata: Golok

Ilmu Silat:
  • ilmu silat keluarga Hu 
  • ilmu golok keluarga Hu
  • teori ilmu loanhoan koat dari Taiji sect (thay kek boen). (sumber asli mandarin ed1-3 menggunakan kata "teori dari ilmu Taiji Quan atau ilmu Tinju Taiji", ntah kenapa saduran indo bisa ga ada informasi ini) 
  • teori ilmu imyang (yin-yang) koat dari Taiji sect  (thay kek boen) (sama seperti diatas, disebut merupakan bagian teori dari Taiji Quan, tapi di edisi bahasa indonesia tidak ada keterangan itu)
  • menyelami dasar ilmu partai patkek oleh Tjin Nay Tjie
  • ilmu Seegak Hoakoen Boen (西岳华拳), diajarin oleh Kie Siau Hong dari Thiatjie pay ,awalnya dari ngintip
  • ilmu Mengkeretkan Otot dan Tulang
  • ilmu Soesiang Pohoat (tindakan empat penjuru) (sejenis ringan tubuh)
Tambahan:
  • mengintip keluarga Shang melatih ilmu partai 8 Trigram (bagua) (saat granny shang melatih anaknya)
  • mengintip senior Ma , sang bos ekspedisi, melatih anak dari granny Shang (dominan ilmu shaolin karena senior Ma merupakan murid Shaolin, murid shaolin tidak harus biksu dan berada di shaolin) 
  • mendapat tips kelemahan atau kekurangan dari ilmu partai 8 trigram oleh 2 Ong bersaudara saat melawan granny Shang dan anaknya . (2 ong bersaudara merupakan saudara seperguruan dari suami nenek Shang)
  • diberikan tips oleh Miao Renfeng untuk memahami ilmu golok keluarga Hu (karena Miao Renfeng pernah diberikan tips ilmu golok keluarga Hu oleh Hu Yidao) 
  • meniru perampok she Tie dengan Loeitjin Tonghoat (ilmu yg menggunakan semacam tongkat cangkul)
Di Novel Fox Volant of Snowy Mountain (si rase terbang dari pegunungan salju):
  • Teknik menutup jalan darah agar tidak terkena totokan
  • Pukulan Ulat Sutera (ilmu bertahan diri dari serangan musuh yang lebih unggul)
  • gerakan Burung Memutar Badan
  • Pukulan Menakluki harimau
  • Ilmu Cecak merayap di tembok (teknik memanjat)
  • ilmu membikin berat badan (sama artinya dengan jurus menekan ribuan kilogram di novel lain, merupakan jurus umum)
  • jurus Pathong Tjongto (Pat Hong Cong To)
Versi adaptasi tahun 2006:
  • ada diajarin ilmu silat oleh Yuan Shishao (guru chen jialuo) , 7 orang anggota Red Flower society (ang hoa hwee), dan Chen jialuo.

*Kutipan*
(thay kek boen)
"Dalam ilmu silat partai Thay-kek-kun kita, setiap pukulan merupakan lingkaran (hoan)," Tio Poan San mulai dengan penjelasannya. "Itulah sebabnya, mengapa teori (ko-koat) ini dinamakan Loan-hoan-koat (Teori lingkaran kalut, Loan berarti kalut, Hoan berarti lingkaran dan Koat berarti teori)"


Keahlian lain:
  • memanjat Gunung Salju dengan sangat baik
catatan:
di novel edisi 1 si rase terbang saduran BBT, halaman 106 menyebut Hu Fei mengeluarkan ilmu Kinna Tjhioe (ilmu menangkap) dan Liongheng Djiauw (ilmu kuku naga) ke nenek Shang , itu aslinya bukan nama sebuah ilmu , hanya nama gerakan umum.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url